10 Tempat Wisata di Sleman yang Akan Membuatmu Terpesona

Sebagai bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Sleman juga memiliki banyak daya tarik tersendiri terkait panorama alam yang dimilikinya. Kekayaan alam dan keindahan yang disajikan bahkan berhasil menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara lho!

Di kawasan Gunung Merapi saja, kamu bisa menemukan banyak spot wisata menarik yang bakal membuatmu terpana, belum lagi destinasi wisata kuliner Sleman yang dijamin akan menggugah seleramu.

Tertarik menyelami keindahan wisata di sleman? Langsung saja lihat 24 destinasi wisata Sleman di bawah ini yang dijamin akan membuatmu terpesona! Walaupun kebanyakan destinasi di bawah memiliki nama ‘Merapi’ di dalamnya, atraksi yang ditawarkan berbeda-beda lho, jadi jangan khawatir.

1. Mendalami sejarah dan kedahsyatan Gunung Merapi di Museum Gunung Merapi

Image credit: @ceb0l

Selain melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah, kamu juga bisa mendapatkan banyak edukasi dan informasi sejarah mengenai gunung di perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Image credit: @iis.nrs

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai Gunung Merapi, kamu bisa melihat diorama dan semua rekaman letusannya dalam satu abad terakhir, hingga yang terdahsyat dalam satu dekade terakhir, yaitu pada tahun 2010. Bahkan, ada tiruan gempa dan tsunami yang edukatif banget lho.

Image credit: @fdrsadamsyah

Lokasi: Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 5,000 IDR per orang

2. Melihat sisi eksotik Gunung Merapi di Bukit Klangon

Image credit: @chaniiiss

Bukit Klangon di Cangkringan menjadi salah satu spot yang asyik untuk menikmati retakan di puncak Gunung Merapi. Dari sudut pandang ini, kamu bisa melihat awan panas Merapi, atau yang biasa disebut ‘wedhus gembel’ yang keluar dari kubah lava.

Image credit: @jp_hartono

Di masa tenangnya, eksotisme Merapi semakin terlihat dan kamu bahkan bisa berselfie sesuka hati di lokasi ini. Ditambah dengan skill fotografi yang kamu miliki, dijamin hasil foto kamu bakal keren, deh!

Image credit: @henisetyono

Lokasi: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 2,000 IDR per orang

3. Tamasya sekaligus menambah ilmu di Agrowisata Bhumi Merapi

Image credit: @analisa.widyaningrum

Tidak ada salahnya mengajak si kecil mengenal alam sambil menjelajahi kekayaan Gunung Merapi, bukan? Spot terbaik untuk melakukannya adalah di Agrowisata Bhumi Merapi. Di sini, atraksi yang sering menarik perhatian pengunjung adalah rumah Hobbit yang desainnya bisa kamu lihat dari foto di atas! Unik sekali, bukan?

Image credit: @dyaharumrevita

Si kecil bisa melakukan beragam aktivitas di sini, mulai dari bercocok tanam, beternak bahkan berkuda. Lokasinya yang menyatu dengan alam menambah keunikan destinasi wisata di Sleman yang satu ini.

Lokasi: Jl. Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 10,000 IDR per orang

4. Memeras adrenalin di Lava Tour Merapi

Aktivitas ini lebih pas diikuti bagi mereka yang senang memompa adrenalin. Bayangkan saja, menjelajahi aliran lava Merapi dengan menggunakan jeep, tantangannya tentu sangat istimewa.

Image credit: @krisnaharja

Selain menikmati rute berbatu dengan pemandangan yang indah, kamu juga akan dibawa ke sejumlah spot wisata seperti Rumah Mbah Maridjan, juru kunci Merapi yang tersapu awan panas di dusun Kinahrejo, bunker Kali Adem dan banyak lagi di tempat lain. Dijamin seru, deh!

Image credit: @dinadellyana

Tiket: 350,000 IDR per jeep untuk rute pendek, 450,000 IDR per jeep untuk rute menengah dan 650,000 IDR untuk rute panjang.

5. Monumen prasejarah ala Sleman di Stonehenge

Jika melihat Stonehenge di Inggris terlalu mahal, kamu bisa melipir ke dusun Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman untuk menemukan kembarannya.

Image credit: @annelydiasusant

Replika monumen Stonehenge ini memang sengaja dibangun dengan background Gunung Merapi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tingkat pariwisata di Sleman bagi warga lokal maupun mancanegara.

Image credit: @eddielawanginting

Lokasi: Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 10,000 IDR per orang

6. Menilik benteng unik di kaki Merapi di The Lost World Castle

Benteng bertajuk The Lost World Castle ini merupakan benteng yang dibuat secara khusus untuk tujuan wisata.

Image credit: @hamenang

Meski belum sepenuhnya beroperasi, benteng ini sudah memiliki sejumlah fasilitas yang cocok untuk yang suka berfoto ria. Ada awan putih, sepeda motor terbang dan banyak atraksi lain yang dijamin membuatmu betah berlama-lama di sini!

Image credit: @agustinratna23

Lokasi: Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 25,000 IDR per orang

7. Menikmati Merapi dengan tenang di Kaliadem

Melihat kemegahan Gunung Merapi terkadang sedikit terganggu oleh sejumlah hal, sebut saja pepohonan, perbukitan, dan lain-lain. Jika ingin melihat kemegahan Merapi tanpa dihalangi apapun, kamu bisa langsung menuju ke Kaliadem.

Image credit: @msetyantoko

Lokasinya yang cukup dekat dengan puncak Merapi dengan ketinggian 2,980m menjadikan tempat ini spot yang sempurna untuk menyaksikan kemegahan Gunung Merapi. Di sini, kamu bisa dengan leluasa menyaksikan kemegahan gunung berapi paling aktif di Jogja dan Jawa Tengah itu. Udara di sini juga sejuk, lho!

Image credit: @agusnihsan

Lokasi: Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: Membayar retribusi warga sebesar 5,000 IDR di sejumlah titik

8. Spot kekinian di Taman Gardu Pandang Kaliurang

Destinasi yang sekarang sedang naik daun adalah Taman Gardu Pandang Kaliurang. Selain bisa mengamati pemandangan yang indah dari ketinggian, kamu juga akan dimanjakan oleh sejumlah spot selfie kekinian lengkap dengan lampu-lampu yang cantik.

Image credit: @linadwipuspitasari

Meski sudah berusia cukup tua, gardu pandang Merapi ini tetap berdiri kokoh lho. Fasilitas lain yang juga menunjang pengunjung untuk berlibur di sini adalah pergelaran Festival of Light yang sangat indah!

Image credit: @ichsanluqmana

Lokasi: Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 3,000 IDR per orang

9. Penghadang material Merapi di Sabo Bronggang

Bendungan Sabo Bronggang bisa dikatakan merupakan infrastruktur yang paling berjasa bagi warga karena fungsinya yang berguna untuk menahan aliran lahar dan material Merapi menuju ke kota-kota di sekitarnya. Sampai saat ini, meski sebagian besar sudah tertutup material, bendungan ini masih menjalankan fungsinya dengan baik lho.

Image credit: @henisetyono

Selain berjasa dalam menahan aliran lahar, Bendungan Sabro Bronggang juga menjadi salah satu alternatif destinasi wisata di Sleman untuk yang ingin mendapatkan panorama Gunung Merapi yang sempurna.

Image credit: @arundina_putriayu

Lokasi:  Argomulyo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Menikmati landmark dunia di Merapi Park

Image credit: @vicky_nurhidayah (kiri), @toni_riyan1 (kanan)

Ingin liburan keliling dunia hanya di satu tempat? Bisa. Silahkan mengunjungi Merapi Park, taman dengan landmark ikonik dari seluruh dunia.

Image credit: @deviinga

Kamu bisa melihat replika sejumlah destinasi ternama Eropa, mulai dari menara Eiffel di Paris, menara Pisa, hingga kincir angin khas Belanda ataupun Big Ben yang ada di London. Berselfie adalah aktivitas wajib di spot wisata mini Eropa di Indonesia ini!

Lokasi: Jl. Kaliurang KM. 22, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 15,000 IDR per orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *